Balai Lelang Jakarta Auctions Lebih Transparan
Balai Lelang Jakarta Auctions Lebih Transparan
Posted by Alan on Februari 08, 2013 // Leave Your Comment


Lelang otomotif Jakarta Auctions kembali digelar, dengan menghadirkan 50-an bidders (penawar), yang terdiri atas para users (penawar personal) maupun pedagang, serta 44 unit mobil yang akan dilakukan pelelangan.

MOBILLAKU - Balai lelang Jakarta Autions ini mencomot lokasi di Jl. Benyamin Sueb Blok C3, Kemayoran, Jakarta Pusat. Dengan luas lahan 6 hektar, lokasi ini mampu menampung 1000 unit mobil, baik alat berat maupun mobil.

Proses pelelangan ini amat seru, Kamis (07/2) kemarin, kami mengikuti proses lelang di tempat tersebut. Acara itu dimulai pada pukul 13:00 dan berakhir pukul 15:00. Waktunya cukup singkat karena jumlah mobil yang dilelang hanya 44 unit saja. Mulai dari mobil penumpang, sedan, pikap, hingga truk.

Lalu bagaimana caranya?



Mula-mula para bidder diwajibkan untuk menyetor uang Rp 7,5 juta sebagai uang jaminan peserta. Uang tersebut akan dikembalikan seutuhnya, jika memang peserta pulang dengan tangan hampa. Setelah itu peserta akan dberikan daftar mobil yang akan dilelang.

Harga ini menurut Mahendra, berdasarkan taksirannya sesuai kondisi mobil, dan maunya si penitip. Semua unit yang dilelang berkondisi apa adanya.

”Hal ini dapat dibuktikan sendiri oleh para peserta, ada mobil yang bodinya 'beset/penyok', spionnya terkulai, bunyi pada mesin yang 'ngelitik', bahkan ada truk bekas tabrakan pula," jelas Mahendra, Director Corporate Research & Business Development.

Oleh karenanya, tambah Mahendra, para bidders diberikan waktu 3 hari sebelum acara lelang dimulai untuk mengecek kondisi mobil serta kelengkapan dokumennya (BPKB, STNK, faktur). Jika sudah yakin para peserta dapat melakukan aksi tawar-menawar di hari H-nya.